PENGAPLIKASIAN STRATEGI PERANG SUN TZU DALAM DUNIA BISNIS


Di dalam bukunya ‘’The Art of War’’ yang terdiri dari 7000 aksara yang ditulis pada bilah - bilah bambu memuat tiga belas bab yang terbagi dalam:
1.      Kalkulasi (Perhitungan dan Penilaian)
Pada prakteknya dalam pengaplikasian di dunia bisnis Strategi ini sangat penting karena ini melupakan langkah awal dalam riset sebuah produk atau market di masyarakat. Dalam dunia bisnis, untuk memulai sebuah bisnis baru diperlukan riset pasar terlebih dahulu agar bisa melihat sejauh mana potensi kesuksesan yang akan kita dapatkan kedepannya. Saat ini riset pasar atau dalam hal ini adalah salah saru Strategi perang Sun Tzu Kalkulasi sangat mudah di gunakan karena dengan penggunaan aplikasi online seperti Google Adword Keyword Tool kita bisa melakukan sebuah riset market pasar baik yang berkaitan dengan berapa besar potensinya, kapan saja trend tersebut naik dan turun produknya setiap bulan bahkan bisa melihat dikota atau negara mana produk tersebut banyak diminati.
2.      Perencanaan
Hal yang tidak kalah penting dalam dunia bisnis yang dapat kita terapkan dalam strategi perang Sun Tzu adalah perencanaan. Pada perencanaan ini kita bisa melakukan atau membuat sebuah rancangan model bisnis seperti apa yang akan kita lakukan, berapa biaya yang kira-kira diperukan, berapa tim yang dibutuhkan hingga hal-hal deteil termasuk rancangan jangka pendek dan panjang.
3.      Strategi
Dalam semua hal strategi sangat diperlukan untuk memenangkan kompetiti atau persaingan dalam dunia bisnis, dengan riset yang mendalam serta didukung dengan perencanaan yang deteil maka kita bisa melihat strategi apa yang harus dilakukan. Misalnya dalam melakukan kompetisi dalam penjualan produk Pakaian yang saat ini sudah banyak yang beralih dalam penjualan melalui Online dan media sosial dan ternyata lebih efektif dibandingkan dengan penjualan secara konvensional melalui toko atau mall.
4.      Kekuatan pertahanan
Dalam memenangkan kompetisi persaingan yang sangat ketat di dunia bisnis hal yang wajib dilakukan disamping mengetahui kelemahan lawan adalah menguatkan pertahanan diri sendiri. Dalam hal ini bisa dilakukan seperti menguatkan tim dengan orang-orang yang mempunyai kompentsi yang sesuai denga kebutuhan perusahaan, penguatan sistem yang baik seperti sistem penjualan maupaun keamanan, misalanya dalam dunia bisnis Online Marketing salah satunya Security website harus diutamakan mengingat data klien adalah hal yang sangat berharga dalam persaingan di zaman Teknologi Data saat ini.

5.      Formasi dan Energi
Dalam falsafah perang Sun Tzu formasi dan energi harus diutamakan karena dengan formasi yang tepat dalam melawan musuh maka kita bisa menghemat energi yang agar bisa terus bertahan baik dalam menghadapi serangan lawan atau pun dalam membuat strategi baru serta menyerang dengan optimal. Ada 4 hal dalam formasi ini, yaitu: Penyergapan tiba-tiba, Kejutan, Kesiagaan, Gerakan. Begitu juga dalam dunia bisnis, dalam persaingan era modern saat ini yang semua cepat sekali berubah seperti halnya samsung yang sudah S8 kita harus siap dalam penyergapan tiba-tiba jika kompetitor kita melakuakn manuver dalam meluncurkan produk baru atau strategi marekting yang berbeda, dengan kesiagaaan maka kita bisa membalasa dengan strategi marketing yang tepat atau meluncurkan produk baru yang lebih baik dalam waktu singkat.
6.      Kekuatan dan kelemahan
Ini adalah hal yang mutlak kita ketahui yaitu berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan. Tidak hanya saja berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan musuh atau kompetitor kita tapi juga kekuatan dan kelemahan yang kita miliki. Dalam persaingan era global seperti sekarang ini sangat penting mengetahui hal ini, dengan mengetahui hal tersebut kita bisa melakukan banyak ha seperti sistem apa yang akan digunakan atau strategi marketing bagaimana? Apakah menggunakan Red Ocean atau Blue Ocean dalam persaingan.
7.      Manuver
Manuver berkaitan dengan gebrakan atau langkah besar apa yang harus dimiliki dalam menyerang musuh. Seperti halnya yang dilakukan oleh Apple dengan Open Source Linux yang akhirnya bisa menyaingi Windows.
8.      Variasi dan adaptasi
Lihatlah apa yang dilakukan oeh brand-brand besar seperti Aqua dan Pepsodent selalu melakukan berbagai variasi baik dalam peluncuran produk maupun strategi marketing yang dilakukan sehingga bisa terus beradaptasi dengan zaman sekarang walau usia produknya cukup lama masih bisa terus eksis hingga sekarang.
9.      Mobilitas (pergerakan dan perkembangan pasukan)
Bergerak atau mati adalah hal yang lumrah pada persaingan bisnis saat ini, tanpa adanya strategi ini maka kita akan dipastika tersingkir di dunia bisnis. Kita bisa berkaca dalam kasus Nokia yang dahulu sangat digdaya namun terlalu terlena tanpa ada pergerakan dan tanap mempedulikan perkembangan pasukan akhirnya harus tersingkir.
10.  Tanah lapang
Ada 6 macam tanah lapang yang akan dilalui menurut Sun Tzu, yaitu mudah dilalui, sulit, netral, sempit, berbahaya, dan jangkauan jauh. Jika langkah pertama dan kedua sudah dilakukan berkaitan dengan strategi dan perencanaan dan dengan menyadari dengan seksama kondisi yang terjadi saat ini di dorong dengan mobilitas yang tinggi maka semua hal yang berkaitan dengan situasi sulit dan jangkauan bisa dilalui. Seperti yang dilakukan samsung yang mampu menguasai dunia Gadget saat ini.
11.  Sembilan situasi klasik
Sembilan situasi yang dimaksud ialah:
1. Biasa-biasa – berada di wilayah sendiri.
2. Sederhana – wilayah musuh
3. Kritis – posisi yang sama-sama punya 2 pihak.
4. Terbuka – wilayah yang dapat dimiliki 2 pihak
5. Memegang komando – untuk merebut posisi strategis, komando semua daerah.
6. Serius – di dalam wilayah musuh
7. Berbahaya – wilayah yang tidak aman dan sukar
8. Sulit – wilayah yang merupakan jalur masuk dan keluar
9. Putus asa – terpojok
Begitu juga dalam dunia bisnis, semua situasi harus siap dilakukan misalnya saja ketika berada dalam situasi poin 2 yaitu sederhana dalam wilaya musuh. Sederhana disini dapat diartikan sebagai strategi marketing yang mengikuti budaya dalam masyarakat yang berbeda seperti halnya perbedaan antara Marketing Samsung di Amerika dan Indonesia yang merekrut masing-masing staf dari daerah tersebut.
12.  Menyerang dengan api
Api merupakan senjata utama dan mematikan ketika zaman Sun Tzu, dalam era saat ini bisa diartikan bahwa kita harus memiliki alat yang up to date atau modern untuk bersaing di dunia bisnis seperti halnya dalam beriklan yang dahulu banyak melalui papan board dan Televisi kini telah beralih ke dunia Marketing Online sperti Google, Facebook atau lainnya.
13.  Intelijen

Intelejen atau mata-mata tidak hanya penting dalam dunia militer, strategi ini juga sangat diperlukan dalam dunia bisnis untuk melihat kekuatan dan kelemahan Kompetitor kita sehingga kita bisa merencanakan langakh lebih lanjut bekaitan dengan produk atau strategi marketing apa yang kita butuhkan dalam memenangi persaingan pasar. Dalam era sekarang sudah sangat dipermudah karena aplikasi media sosial dan online sudah sangat banyak yang bisa kita gunakan untuk dijadikan alat Intelejen seperti halnya Aplikasi di facebook yang bisa melihat bagaiman strategi marketing lawan tanpa harus berhadapan atau menyamar secara langsung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Board of Directors, Board of Committies dan Board Power dan Board Composition

Pengertian Pemegang Saham Shareholders and the Markets for Corporate Control